Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Oktober, 2016

Responsif vs Reaktif

Sebenernya kejadiannya udah lama, pas awal-awal masuk kerja lagi sehabis libur lebaran. Daaaann, berhubung kerjaan kantor ini mo libur, cuti, dll tetep harus dikerjain per hari nya, bayangin aja ngerjain kerjaan numpuk selama seminggu libur lebaran >.< Sampe-sampe kita bela-belain nih masuk jam 6 pagi pulang jam 5 demi nyelesain kerjaan *jam kerja sebenernya 08-16

Naah, dikala kerjaan lagi numpuk senumpuk-numpuknya, tau-tau ada chat wa grup bos-bos masuk. Intinya bos-bos ngundang kita meeting sore sehabis pulang kerja. Pake kata2 PENTING, caps lock mode.

Dasarnya lagi sibuk, langsung bales “Baik Bu, kalau tidak ada acara/halangan kami hadir”. Agak bete juga sih, soalnya kerjaan belom beres, trus senengnya bos-bos itu meeting hari H diluar jam kerja, dikasi taunya ya pas hari H pagi/siang. Berapa kali udah mbatalin janji gara-gara tau-tau ada meeting T_T

Singkat cerita, si bos bilang kalo ga bisa dateng tar ga boleh protes lho ya. Trus kubales juga *kali ini pake kata2 maaf sebelumnya, pake icon :) juga, kalo boleh saran, apakah next kalau memang penting sekali, bisa dijadwalkan terlebih dulu. Ehhhh, si bos jengkel, nulis panjang lebar di grup tentang anak muda emosian, bla bla bla, dll dll dll. Sampe-sampe aku bengong :o

Gara-gara itu, dipanggillah aku menghadap salah satu bos. “Guru BP” kalo kata temenku =)) Dijelasin kenapa kok si bos sampe marah-marah. Dan satu yg kutangkep dari pengalaman ga enak di atas adalah tentang responsif vs reaktif *akhirnyaaa, masuk juga ke judulnya =))

“It’s courteous and responsible to respond to the communication you receive in a timely manner (and the definition of timely depends entirely on the specific request, and it’s something you need to determine for yourself.  But it’s probably longer than you think.)  Given that communication comes in virtually all day long in some form or another, if you constantly react to all of them, you’ll never get anything important done.”  source: here

Jadi selama ini kalo si bos-bos ato calon pembeli/temen/dll nanya sesuatu, emang kebiasaanku langsung react. Kadang namanya sambil kerja, ato sambil makan -karena bos-bos seringnya ceting/telpon di jam istirahat-, jawabannya jadi sekenanya, ga pake icon-iconan, yg penting terjawab. Pas dipanggil si bos one on one meeting itu, dikasi tau kalo kita itu memang harus responsif, tapi jangan reaktif. Kalo ada pertanyaan dibaca dulu dengan seksama, jawabannya juga dipikir dulu, dirangkai kata-katanya, gak asal jawab lah pokoknya.

Nah, beberapa hari yang lalu tiba-tiba ada seseorang yang kenalan aja belom, nge-DM di twitter, dan dengan nada nuduh. Awalnya pengen langsung kubales, cuma tiba-tiba teringat sama saran si bos di atas. Tarik nafaaas, tanya-tanya dulu sama yg ngerti permasalahannya, baru bales. Cuman yaa setelah cetingan, emang masih kebawa emosi sih, ujung-ujungnya tidak terterapkan secara sempurna. Gyahahaha =))

Well, still learning :) Memang kalo kitanya bener pun, gak melulu harus gontok gontokan ngotot membela diri. Gimana-gimana setiap hal pasti punya 2 sisi ^^ Ga boleh ngejudge kalo ga pengen dijudge. Bahasa kerennya: Don’t do unto others what you don’t want others to do unto you :)

Bikin post sebagai pengingat juga, karena masih sering kebawa emosi kalo disalah-salahin ato dituduh yang ga bener =)) Namanya juga manusiaaaa, ya kaan :D

#staycalm #takethehighroad

Iklan

Read Full Post »